Soal IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2)

Blogger Nubi
0

Soal IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi (IPA Kelas IX SMP/MTs Semester 2). Pembaca Sekolahmuonline, berikut ini kami posting untuk Anda khususnya adik-adik yang sedang duduk di kelas 9 SMP dan MTs, Contoh Soal mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Jawaban atau Pembahasannya. Contoh soal IPA kali ini akan membahas tentang Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi. Selamat membaca dan mempelajari.

Soal IPA Kelas 9 Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

1. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Magnet!

Jawaban/Pembahasan:

Magnet adalah benda yang memiliki kemampuan dapat menarik benda lain. Magnet memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub-kutub yang senama bila didekatkan akan saling tolak menolak, sedangkan kutub-kutub yang berbeda nama bila didekatkan akan saling tarik-menarik.


2. Untuk apakah lobster duri, bakteri, merpati, elang, salmon, dan penyu laut memanfaatkan prinsip medan magnet bumi?

Jawaban/Pembahasan:

Lobster duri, bakteri, merpati, elang, salmon, dan penyu laut memanfaatkan prinsip medan magnet bumi untuk navigasi, menghindari predator, dan mencari mangsa.


3. Berdasarkan kekuatan magnet untuk menarik benda, bahan magnet dibagi menjadi tiga, sebutkan!

Jawaban/Pembahasan:

Gaya magnet ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik seperti elektron dan proton (partikel elementer penyusun magnet). 

Berdasarkan kekuatan magnet untuk menarik benda, bahan magnet dibagi menjadi tiga, yaitu:

- feromagnetik

- diamagnetik

- paramagnetik. 

Apa itu teks, lihat keterangannya di sini:


4. Bagaimana cara membuat magnet?

Jawaban/Pembahasan:

Magnet dapat dibuat dengan cara menggosok, induksi (mendekatkan), dan induksi elektromagnetik. 

Cara membuat magnet lebih jelas dan lengkap baca postingan berikut ini:

5. Bagaimana cara menghilangkan sifat kemagnetan?

Jawaban/Pembahasan:

Sifat kemagnetan bahan dapat dihilangkan dengan cara memukul-mukul, memanaskan, dan meliliti magnet dengan arus searah atau AC. Pada prinsipnya, sifat kemagnetan dapat dihilangkan dengan cara mengacak arah magnet elementer.


6. Jawaban/Pembahasan:

Bumi adalah magnet raksasa. Sama seperti magnet lainnya, bumi memiliki kutub utara dan selatan. Kutub utara magnet bumi berada di kutub selatan bumi, dan kutub selatan magnet bumi berada di kutub utara bumi.


7. Sebutkan contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban/Pembahasan:

Interaksi kawat berarus dalam sebuah medan magnet akan menghasilkan gaya, yang disebut sebagai gaya Lorentz. Besarnya gaya Lorentz tersebut dipengaruhi oleh besarnya kuat medan magnet, arus listrik, dan panjang kawat. 

Contoh penerapan gaya Lorentz dalam kehidupan sehari-hari adalah motor listrik, bel listrik, relai, dan telepon kawat.


8. Sebutkan contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban/Pembahasan:

Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet yang mampu menghasilkan listrik. 

Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah generator, dinamo AC/DC, dan transformator.


9. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang Transformator!

Jawaban/Pembahasan:

Transformator adalah alat yang digunakan untuk merubah besar tegangan listrik. Berdasarkan penggunaanya, transformator dibagi menjadi dua jenis, yaitu trasformator step down dan transformator step up. Transformator step down berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik, sedangkan transformator step up berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik. 


10. Sebutkan contoh penerapan prinsip elektromagnetik!

Jawaban/Pembahasan:

Prinsip elektromagnetik diterapkan dalam teknologi sebagai pendeteksi penyakit dalam tubuh manusia tanpa melalui prosedur pembedahan atau MRI (Magnetic Resonance Imaging), kereta maglev, dan pembangkit listrik tenaga nuklir.

Mari Berlatih

Latihan Contoh Soal IPA Kelas 9 SMP/MTs Bab 6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d!

1. Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah ....

a. magnet batang

b. magnet ladam

c. magnet U

d. magnet jarum


2. Perhatikan gambar berikut!

Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya ....

a. bagian a hanya akan memiliki kutub utara saja

b. bagian a memiliki kutub utara dan selatan

c. bagian b tidak memiliki kutub

d. bagian a dan b masing-masing hanya memiliki satu jenis kutub saja


3. Perhatikan gambar berikut!



Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka yang akan terjadi pada paku adalah ….

a. paku akan meleleh

b. paku mampu mengalirkan listrik

c. paku dapat menjadi magnet

d. paku tidak mengalami reaksi apapun


4. Di kotak ada campuran serbuk besi dan pasir. Cara yang paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dari pasir adalah ….

a. menuangkan air pada campuran tersebut

b. menggunakan kaca pembesar

c. menggunakan magnet

d. memanaskan campuran tersebut


5. Hewan-hewan berikut yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi adalah ….

a. lobster duri

b. siput

c. gurame

d. lele


6. Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara….

a. plastik dan kertas

b. alumunium dan seng

c. besi dan aluminium

d. emas dan perak


7. Perhatikan gambar berikut!

Berikut dari keempat gambar tersebut yang menunjukkan jika dua magnet didekatkan maka akan saling tolak menolak adalah gambar….

a. 1 dan 3

b. 2 dan 3

c. 1 dan 4

d. 1, 2, 3, dan 4


8. Seorang siswa melakukan investigasi untuk menguji kekuatan magnet. Siswa tersebut memiliki beberapa magnet dengan ukuran, bentuk dan massa yang berbeda. Dia menggunakan magnet untuk mengangkat klip logam. Cara mengukur kekuatan magnet melalui investigasi yang benar adalah dengan menghitung ….

a. massa magnet yang mengangkat klip logam

b. ukuran magnet yang mengangkat klip logam

c. jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet

d. klip logam yang tetap menempel pada magnet


9. Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik adalah….

a. kipas angin

b. jam tangan

c. lampu

d. kompor


10. Perhatikan gambar berikut ini!



Arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh….

a. kecepatan gerak magnet

b. kutub magnet yang dimasukkan

c. jumlah lilitan

d. besar medan magnet


B. Uraian

1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol N dan S pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!

2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya. Kompas tersebut diletakkan di dekat sebuah magnet batang seperti gambar di bawah.



Gambarkan jarum kompas pada lingkaran di bawah dan beri label kutub utara dan selatannya. Jelaskan jawabanmu menggunakan pengetahuanmu tentang magnet!

3. Gambar berikut menunjukkan apa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil. Magnet X dan Y bergerak sampai bersentuhan tapi magnet Y dan Z tetap terpisah.



a. Jelaskan mengapa magnet X dan Y dapat bersentuhan?

b. Jelaskan mengapa magnet Y dan Z tetap terpisah?


4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.

a. Bagaimana dia menggunakan batang logam 1 untuk mencari tahu jika batang logam 2 adalah magnet?

b. Apa yang seharusnya dia amati jika batang logam 2 merupakan magnet?

5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!


Info:

Maglev merupakan kependekan dari magnetically levitated atau kereta terbang. Kereta maglev diterbangkan kurang lebih 10 mm di atas relnya. Meskipun rel dan kereta tidak menempel, kereta maglev yang super cepat yakni mampu melaju hingga 650 km/jam, tidak akan terjatuh dan tergelincir. Hal ini disebabkan kereta maglev menerapkan prinsip gaya tolak menolak magnet serta didorong dengan menggunakan motor induksi. 

Kereta maglev telah menjadi alat transportasi masal di beberapa negara maju seperti Jepang, Amerika, China, dan beberapa negara di Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Lodon. Di Jepang, kereta yang menggunakan prinsip ini, yaitu kereta Shinkansen yang menghubungkan kota Tokyo, Nagoya, dan Osaka. 

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)